SIPALUI FK ULM Menyapa Mitra

administrator

Banjarmasin – Demi mewujudkan pelayanan prima bagi seluruh pihak, Universitas Lambung Mangkurat (ULM) melalui unit layanan terpadu yang melayani kebutuhan publik terutama di Fakultas Kedokteran mengembangkan fitur baru pada salah satu aplikasi berbasis website bernama SIPALUI (Sistem Informasi Layanan Terpadu dan Alumni). Fitur yang dikembangkan tersebut adalah layanan permintaan tenaga ahli. Oleh karena itu, dalam rangka memperkenalkan dan mendalami manfaat aplikasi serta fitur baru tersebut dilaksanakanlah sosialisasi kepada lembaga atau institusi yang berpotensi memerlukan tenaga ahli dari Fakultas Kedokteran ULM pada berbagai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Provinsi Kalimantan Selatan dan sekitarnya. 

Sosialisasi tersebut dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting, Selasa (12/04/2022). Peserta dari kegiatan ini terdiri dari:

  • Dinas Kesehatan Provinsi, Kota, dan Kabupaten Provinsi Kalimantan Selatan
  • Laboratorium Kesehatan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan
  • Balai Hiperkes Dan Keselamatan Kerja Provinsi Kalimantan Selatan
  • Balai Penelitian Dan Pengembangan Daerah (Baltbangda) Provinsi Kalimantan Selatan
  • Balai Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan
  • Balai Penelitian Dan Pengembangan Daerah Kabupaten Balangan Provinsi Kalimantan Selatan
  • Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan Dan Pengendalian Banjarbaru
  • Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi, Kota, Dan Kabupaten Provinsi Kalimantan Selatan
  • Universitas Palangka Raya
  • Politeknik Kesehatan Kemenkes RI Banjarmasin
  • Politeknik Kesehatan Kemenkes RI Palangkaraya
  • Rumah Sakit di Provinsi Kalimantan Selatan
  • PT. Adaro Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan
  • PT. Arutmin Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan

Acara dibuka pada 14.00 Wita oleh Kepala Biro Perencanaan, Kerjasama, dan Humas ULM  bapak Drs. Parmasihat. Beliau mengucapkan terimakasih kepada para tamu undangan yang sudah berkenan hadir dalam acara sosialisasi tentang aplikasi dari Fakultas Kedokteran ULM yang bernama SIPALUI.

 “Acara ini perlu disosialisasikan karena dirasa adanya potensi yang besar sekali yang bisa dikerjasamakan dengan instansi-instansi baik pemerintah, swasta, maupun dunia kerja” ujar beliau.  Beliau berharap bahwa aplikasi ini dapat dimanfaatkan sebagai salah satu sumber daya dari Fakultas Kedokteran ULM untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat khususnya pelayanan tenaga ahli. 

Narasumber dalam acara sosialisasi ini yaitu dr. Pandji Winata Nurikhwan, M.Pd.Ked sebagai ketua unit (Information and Communication Technologies) ICT  di Fakultas Kedokteran ULM dan penanggungjawab program sistem informasi pelayanan terpadu berbasis website yang bernama SIPALUI. SIPALUI diambil dari nama karakter tokoh folklore fiksi dari masyarakat suku Banjar yang bernama Si Palui. Si Palui digambarkan sebagai wujud cerita rakyat seputar kehidupan masyarakat banjar sehari-hari. Demi melestarikan tokoh tersebut, ditetapkan nama SIPALUI pada aplikasi layanan terpadu ini.

Sosialisasi SIPALUI (Sistem Informasi Pelayanan Terpadu dan Alumni) Fakultas Kedokteran ULM, Selasa (12/04/2022)

Website SIPALUI dapat diakses melalui sipalui.fk.ulm.ac.id. Pelayanan aplikasi ini dibuat untuk melayani tiga pihak diantaranya mahasiswa (seluruh surat keterangan mahasiswa), alumni (seluruh legalisir dokumen akademik), dan publik (permohonan tenaga ahli dan registrasi tamu bagi publik). Aplikasi ini sangat memudahkan, dimana pemohon hanya tinggal mengisi formulir dan mengunggah hasil isian formulir melalui website SIPALUI tanpa perlu datang ke Fakultas Kedokteran ULM. Setiap permohonan yang diajukan oleh pengguna akan diterima dan diproses paperless

Aplikasi ini sangat berdampak positif dalam hal administratif. Dulu pengelolaan data dilakukan secara manual termasuk dalam pengolahan data terpadu serta rekapitulasinya. Dengan adanya aplikasi SIPALUI telah diterima 120 permohonan dari berbagai instansi pada tahun 2021. Permohonan ini telah dibukukan dalam Laporan Tahunan 2021 SIPALUI dan dapat di download di halaman website SIPALUI. Proses layanan 2021 memiliki rerata durasi menjadi 2-3 hari dihitung sejak surat dikonfirmasi oleh administrator.  SIPALUI akan mengirimkan Uniform Resource Locator (URL) link untuk tracking yang berisi log proses (penerimaan, dalam proses, dan selesai) ke email pemohon. “URL ini akan terkirim ke email pemohon tenaga ahli tentang kapan diterimanya, sudah sampai mana prosesnya dan apakah sudah selesai. Ini tentu sangat penting sekali dalam rangka untuk menjamin proses quality control per tahap” jelas dokter Pandji. Selain itu, SIPALUI juga sudah tersedia versi android yang dapat di akses oleh mahasiswa dan alumni. Fakultas Kedokteran ULM berkomitmen untuk meningkatkan layanan tersebut sehingga bisa menjangkau secara lebih efisien.

Fitur lain yaitu registrasi buku tamu. Disini akan ditampilkan status kehadiran pimpinan. Fitur ini memiliki peranan yang penting karena Fakultas Kedokteran ULM memiliki dua lokasi kampus, yaitu di Banjarmasin dan Banjarbaru sehingga memudahkan para tamu apabila ingin bertemu pimpinan. Nantinya akan ada kolom yang perlu diisi untuk mempermudah janji dengan pimpinan. Fitur ini langsung terhubung dengan email pimpinan dan pimpinan akan menyaring atau mendisposisi apakah akan diterima atau didelegasikan kepada wakil dekan. Fitur ini juga akan semakin memudahkan dan mempercepat proses layanan publik yang membutuhkan atau melibatkan pimpinan FK ULM.

Fakultas Kedokteran ULM membuka lebar pintu bagi instansi atau institusi lain yang berkeinginan mengembangkan sistem informasi serupa untuk pengembangan unit layanan terpadu  dengan menerapkan creative common license. Support yang akan diberikan yaitu sharing session, best practices dan MoU Implementasi dapat dilakukan bersama dengan ULM